Jumat, 7 Oktober 2021, Unit Pembina dan Pengembangan Ilmiah (UPPI) menggelar Rapat Koordinasi Publikasi Dosen Fakultas Ilmu – Iilmu Kesehatan (FIKES)/ UPPI. Acara ini dihadiri oleh 6 dosen Fakultas Ilmu – Ilmu Kesehatan termasuk Dekan FIKES UHAMKA, Ony Linda, SKM., M.Kes dan 4 orang dari tim UPPI. Dekan FIKES membuka  kegiatan rapat tersebut. Kemudian acara dilanjutkan oleh pemaparan materi dari ketua UPPI, Herri Mulyono, Ph.D.  Rapat Koordinasi Publikasi Dosen FIKES/ UPPI ini menyampaikan beberapa poin krusial diantaranya sosialisasi tentang anggaran operasional UPPI, pengelolaan jurnal, perencanaan BIMTEK KTI, perencanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan.

Dalam rapat ini, Herri Mulyono, Ph.D sebagai ketua UPPI menyampaikan poin-poin penting di atas guna mewujudkan transparansi dalam alokasi dan penggunaan anggaran UPPI 2021-2022 terkait publikasi dosen FIKES. Terlebih lagi, dengan diadakannya rapat koordinasi publikasi dosen ini, dharapkan tersebarnya informasi dan transparansi anggaran UPPI, serta dapat menampung aspirasi para dosen terkait publikasi menggunakan anggaran tersebut. Hal ini tentu dapat menciptakan penggunaan anggaran yang efektif dan efisien yakni dengan terpakainya anggaran sesuai rencana yang telah dibuat oleh Tim UPPI dan para pimpinan UHAMKA.

Dalam sesi ini disampaikan bahwa dosen dapat menggunakan akun Turnitin dan melakukan pengecekan mandiri (self-access) di FEB UHAMKA. Lebih lanjut lagi Herri Mulyono, Ph.D mengatakan akan diadakannya Kelas Penulisan untuk Kesehatan dan Neuroscience, dimana dananya bersumber dari Neuroscience dan Pusat Studi. Kelas ini bersifat bebas, dan dapat diikuti oleh maksimal 15 dosen dan mahasiswa. UPPI juga akan mengadakan ruang penulisan khusus dosen berisi 6 sekat dengan masing-masing komputer pada tiap sekat ditambah dengan fasilitas-fasilitas untuk membuat dosen nyaman dan produktif dalam menulis di lantai 8 FEB UHAMKA.

Pada sesi tanya jawab, Dekan FIKES, Ony Linda, SKM., M.Kes bertanya tentang akun SINTA dosen-dosen FIKES, dan anggaran FIKES, serta hal-hal terkait publikasi. Tentang SINTA, Dekan FIKES meminta bantuan UPPI untuk ditunjukkan alur pembuatan SINTA. Terkait anggaran, beliau bertanya tentang dana terjemah dan proofread publikasi dosen-dosen FIKES. Sedangkan hal-hal publikasi alur dan alokasi terjemah, proofread, dan skema penugasan penulisan, kuota dan dana publikasi. Rapat koordinasi melalui Zoom ini berjalan sejak pukul 13.00 hingga pukul 13.35 WIB tersebut diharapkan mampu memperlihatkan transparansi anggaran UPPI dan fakultas terkait, serta mendorong dosen untuk lebih semangat dalam melakukan penelitian dan menulis karya tulis ilmiah. Sehingga Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terlaksana dengan baik dan efisien. 

Leave a Reply